Pengajian Rutin di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Sukabumi




Pengajian rutin kembali diselenggarakan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Sukabumi pada Senin, 05 Desember 2022. Pengajian rutin dengan penceramah KH Miftahul Ulum ini diikuti oleh para ibu dari berbagai unsur.

Eva Siti Rahmatillah dalam kata sambutannya menuturkan ujian sedang diberikan oleh Allah SWT melalui berbagai bencana, seperti gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

“ Allah SWT sedang menunjukkan kemahakuasaann-Nya kepada kita. Melalui bencana yang terjadi akhir-akhir ini kita diharuskan menyikapinya dengan dua cara. Pertama, dengan tetap bersabar. Dan kedua, dengan saling mengingatkan, “ ungkap Eva Siti Rahmatillah di hadapan jamaah pengajian.



Pendidikan keluarga kepada anak-anak juga tidak luput menjadi sorotan dalam pengajian rutin kali ini. Munculnya fenomena sosial seperti kenakalan anak-anak, dikatakan oleh Eva Siti Rahmatillah, tidak lepas dari sikap abai para orangtua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak tentang adab, sopan santun, dan moral.

“ Jangan pernah membiarkan anak-anak tanpa pengawasan dari orangtua. Pendidikan adab dan moral sejak dini menjadi hal penting dalam menghindari munculnya kenakalan anak-anak. Adab dan ilmu yang dimiliki oleh anak-anak kita harus seimbang,” kata Eva Siti Rahmatillah.



Rasa khawatir terhadap kenakalan anak-anak karena kurangnya penerapan pendidikan adab dan moral bukan tanpa alasan. Beberapa kejadian yang dilakukan oleh anak-anak seperti merundung teman-temannya, melawan kepada orangtua, dan bentuk kenakalan lainnya merupakan buah dari minimnya adab, sopan santun, dan moral dalam diri anak-anak.

“ Madrasah atau sekolah pertama anak-anak adalah keluarga. Orangtua sudah semestinya menjalin kedekatan dengan anak-anak. Buatlah anak-anak merasa nyaman tinggal di dalam rumah, dekat dengan kita, jangan membiarkan mereka nyaman berada di luar rumah,” tutur Eva Siti Rahmatillah.

Sebagai Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, ia mengingatkan agar para orangtua menanamkan kasih sayang kepada anak-anak dengan memperlakukannya seperti kepada raja.

Musibah dan Cobaan



KH Miftahul Ulum, dalam ceramahnya menjelaskan bahwa musibah seperti bencana alam merupakan cobaan untuk menguji kesabaran manusia.

“ Melalui bencana, Allah SWT sedang memberikan cobaan. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak istigfar, memohon ampunan kepada Allah SWT, “ papar Miftahul Ulum.

Senada dengan Eva Siti Rahmatillah, pendidikan kepada anak-anak harus diawali di dalam keluarga. Menurut Miftahul Ulum, salah satu fungsi keluarga yaitu sebagai institusi pendidikan paling awal kepada anak-anak.

“ Mendidik anak-anak di dalam keluarga diawali oleh para orangtua dengan memberikan contoh dan teladan kepada mereka,” pungkas KH Miftahul Ulum.

Reportase : Kang Warsa
Dokumentasi: Dede Soleh Saepul

Informasi Lainnya

Berlangganan