Kang Andri: Nilai Kebangsaan dan Kejuangan Syarat Mutlak Menyongsong Indonesia Emas 2045




Semangat kebangsaan dan kejuangan harus terus digemakan kepada generasi sekarang. Karena dua semangat ini menjadi kata kunci dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Ahmad Sanusi menjadi bukti bahwa semangat kebangsaan dan kejuangan tidak akan pernah surut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami saat memberikan sambutan Kunjungan Kerja Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Provinsi Jawa Barat. Kunjungan kerja pada Selasa, 15 November 2022 ini diikuti oleh para pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) Angkatan 45 se-Wilayah Bogor.

“ Sebagai orang Sukabumi, saya sangat bahagia dan bangga atas penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Ahmad Sanusi. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi generasi sekarang untuk meneladani semangat kebangsaan dan kejuangan yang telah dipraktikkan oleh para pejuang,” papar Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami.

Sebagai seorang yang dilahirkan dari keluarga pejuang, H. Andri Setiawan Hamami memandang jiwa kebangsaan dan kejuangan bukan sekadar terletak pada tataran konsep, namun sudah harus mengejawantah dalam kehidupan.

“ KH Ahmad Sanusi, bahkan para pejuang di Sukabumi ini memiliki jiwa rela berkorban, ikhlas, dan ksatria. Nilai-nilai seperti inilah yang harus ditumbuhkan kembali kepada generasi sekarang,” lanjut H. Andri Setiawan Hamami.

Bagi Wakil Wali Kota Sukabumi, nilai dan semangat kebangsaan serta kejuangan terlihat mengalami degradasi. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, tanpa memiliki rasa cinta kepada tanah air, kebangsaan, dan kejuangan, kejayaan atau Indonesia Emas 2045 sulit diwujudkan.

“ Sekarang merupakan era demokrasi. Dalam pandangan saya, demokrasi harus tetap berlandaskan pada nilai-nilai yang sesuai dengan bangsa kita. Demokrasi sejatinya harus sejalan dengan semangat yang telah dicontohkan oleh generasi terdahulu negara ini,” kata Wakil Wali Kota Sukabumi.

Negara-negara besar, seperti Jepang, menjadi kokoh, hebat, dan tangguh karena masih memegang teguh warisan leluhur mereka yaitu semangat kebangsaan dan kejuangan.

“ Kita harus tetap optimis, nilai-nilai kebangsaan dan kejuangan akan senantiasa ada dalam diri kita. Dengan demikian, Indonesia Emas 2045 dapat kita raih. Hanya bangsa besar yang memiliki jiwa kebangsaan dan kejuangan. Sekali lagi, semangat kebangsaan dan kejuangan menjadi tolok ukur kebangkitan bangsa, “ tutur H. Andri Setiawan Hamami.

Bentuk Penghargaan Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Jawa Barat.



Sekretaris Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Jawa Barat, Mayjen (Purn) TNI Robby Win Kadir memberikan apresiasi yang tinggi atas penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Ahmad Sanusi.

Senada dengan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mayjen (Purn) TNI Robby Win Kadir memandang semangat juang yang telah dicontohkan oleh para pejuang, misalnya KH Ahmad Sanusi harus diteladani.

“ Saya tidak dapat membohongi diri sendiri, bahkan hal ini memang dirasakan oleh generasi yang lebih tua. Nilai nasionalisme dan kejuangan mulai luntur sekarang ini. Tugas berat bagi kita adalah bagaimana menumbuhkan bahkan lebih cenderung menanamkan kembali nilai-nilai kebangsaan dalam diri generasi sekarang,” tutur Robby.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Jawa Barat memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, Dewan Harian Cabang (DHC) Angkatan 45 Kota dan Kabupaten, serta keluarga pahlawan nasional KH Ahmad Sanusi.

Informasi Lainnya

Berlangganan