Kang Andri Optimis Mewujudkan Sukabumi Sebagai Kota Kreatif

Kang Andri Bersama para siswa salah satu sekolah dasar dalam acara Kreativitas Seni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi.

Dalam acara Kreativitas Seni Tingkat Kota Sukabumi yang diselenggarkaan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi pada tanggal 22 Oktober 2018, Kang Andri menyebutkan Kota Sukabumi harus mewujud menjadi kota kreatif.

Bagaimana tidak, kekayaan dan keragaman kreativitas di Kota Sukabumi merupakan pontensi, hal tersebut menjadi dasar bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencanangkan Kota Sukabumi sebagai satu percontohan kota kreatif (creative city).


Kang Andri Hamami mengungkapkan, Kota Sukabumi mendapatkan dukungan dari berbagai lini. Mulai dari pemerintah Provinsi Jawa Barat dan masyarakat untuk mewujudkan sukabumi kreatif city tersebut.

Dikutip dari harian Radar Sukabumi, Kang Andri mengatakan, Kota Sukabumi  memiliki potensi yang amat baik dalam bidang ekonomi kreatif, sehingga memungkinkan menjadi kota kreatif, dan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Sukabumi akan semaksimal mungkin mewujudkannya.

Selain itu, kurangnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kota Sukabumi juga melatarbelakangi gagasan tersebut. Karena menurutnya, potensi ekonomi kreatif pun jika dikembangkan dengan baik tidak kalah daei potensi lainnya.

Salah satunya seni rupa, UMKM dan yang lainnya ini cukup potensial dijadikan salah satu ekonomi kreatif di Kota Sukabumi, maka dari itu kami meminta kepada semua lapisan masyarakat, pegiat kesenian untuk mendukungnya sehingga terwujud kota kreatif.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Sukabumi ditahun depan telah merencanakan untuk pembangunan gedung kreatif art. Kini, rencana tersebut sudah masuk tahap pengangguran sehingga tinggal merealisasikannya.

“Di tahun 70-80an sanggar Sri Asih tampil sebagai pioneer seni pertunjukan di Sukabumi, jadi sebenarnya kita ini sudah memiliki potensi dari dulu. Makanya untuk mewadahinya kami akan siapkan fasilitas dan sarana prasarananya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Yemmi Yohani menambahkan, pihaknya terus mengenalkan berbagai kesenian dan kebudayaan, baik kepada pelajar maupun kepada masyarakat.

“Kami kenalkan sejak dini, selain itu kami juga mulai arahkan kepada ekonomi kreatif. Sehingga, ekonomi kreatif melaui kesenian dan kebudayaan tertanam sejak bangku sekolah,” pungkasnya.

Sumber: Radar Sukabumi

Lokasi Kegiatan:

Informasi Lainnya

Tak ada informasi apa pun di sini.
Berlangganan