Sapa Warga H. Andri Hamami: Aspirasi Pemberdayaan Masyarakat



Sapa warga -mengunjungi langsung masyarakat- yang dilakukan oleh pasangan calon Faham (Fahmi-Andri) merupakan salah satu strategi jitu yang dilakukan selama tahapan Kampanye.

Dapat dikatakan, selain efektif - metode kampanye seperti ini- juga memerlukan ekstra tenaga dari calon sendiri. Dapat dibayangkan, melalui sapa warga ini calon harus terjun langsung ke masyarakat, dalam satu hari dapat mengunjungi 3-10 Rukun Warga sekaligus.

Sejak tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah, H. Andri Hamami sendiri telah mengunjungi sebanyak 40 titik kegiatan sapa warga dari 33 kelurahan di Kota Sukabumi. Telah ratusan aspirasi masyarakat didengar secara langsung oleh H. Andri Hamami.



Dari sekian aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, fokus bidikan calon Wakil Walikota Sukabumi ini adalah bagaimana Pemerintah Kota Sukabumi ke depan mampu memfasilitasi UKM (Usaha Kecil/Mikro) dalam mengembangkan aktifitas perekonomian mereka.

Dari beberapa kegiatan sapa warga yang telah dilakukan -bagi penulis- kegiatan sapa warga yang dilakukan oleh Barnelis di Kampung Nangerang, Kelurahan Lembursitu merupakan partisipasi masyarakat yang cukup fenomenal. Seluruh stake-holders dan elemen masyarakat terlibat langsung dalam kegiatan ini. Pun dengan kegiatan sapa warga di kecamatan lain selalu hadir dengan muatan-muatan pemberdayaan ekonomi.




Adalah sebuah keniscayaan, bagi H. Andri sendiri -sebagai seorang pengusaha muda- sering menyebutkan: " Jika peremonomian masyarakat maju, sudah dapat dipastikan sebuah kota akan maju." Kesejahteraaan masyarakat pada dasarnya bertitik tumpu pada sektor real dan mikro ekonomi.

Dalam acara Musyawarah Daerah  yang diselenggarakan oleh Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Sukabumi, H. Andri Hamami mengatakan: " Titik tumpu kesejahteraan masyarakat ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Kemajuan perekonomian sendiri menjadi indikator masyarakat di suatu daerah memiliki semangat dan etos kerja."

Dalam setiap pertemuan dan acara-acara baik yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah atau badan lainnya, H. Andri Hamami selalu memberikan motivasi bahwa siapapun dapat menjadi pengusaha, dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, dan meningkatkan kualitas hidup. Modal utama dari semua itu, tidak hanya berpangku tangan. Gerak hidup manusia selalu diawali oleh langkah kecil.

Pandangan optimis dari cucu pengusaha sukses asal Sukabumi (H. Oting) ini bukan sekadar basa-basi dan untuk meninabobokan masyarakat. Gerakan-gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat telah dilakukan oleh H. Andri Hamami selama satu setengah dekade ini.


-Kang Warsa-
Divisi Riset dan Data Tim Faham

Informasi Lainnya

Tak ada informasi apa pun di sini.
Berlangganan